Selasa, 12 November 2013

Hakikat Belajar Matematika

r
HakikatBelajar MatematikaBerdasarkan etimologis, perkataan matematika berarti ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar. Sedangkan Ruseffendi (1990) berpendapat bahwa matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide proses dan penalaran. Dan Djaali (2006) berpendapat bahwa matematika sebagai ilmu pengetahuan abstrak tentang ruang dan bilangan, ia sering dilukiskan sebagai kumpulan sistem matematika dengan ide-ide struktur dan hubungannya yang teratur memuat urutan yang logis.
Menurut Dienes (Bell, 1981) bahwa matematika dapat dipandang sebagai studi tentang struktur, yaitu menganalisis berbagai struktur matematika dan hubungan logis dari struktur-struktur itu, dan sebagainya.
Dalam matematika tampak adanya kehirarkian di antara pokok-pokok bahasannya, yaitu suatu pokok bahasan merupakan prasyarat pokok bahasan lainnya. Oleh karena itu, menurut Soedjadi (1983) bahwa untuk menguasai matematika diperlukan cara belajar yang berurutan setapak demi setapak dan berkesinambungan. Pendapat ini bersesuaian dengan pendapat Herman Hudoyo (1990) yang mengatakan bahwa dalam matematika, mempelajari konsep B yang berdasarkan pada konsep A, maka perlu memahami dahulu konsep B. Oleh karena itu, untuk belajar matematika harus dilakukan secara bertahap, berurutan, dan berkesinambungan.

Berdasarkan uraian-uraian di atas, maka belajar matematika adalah proses perubahan tingkah laku melalui pengalaman belajar matematika...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Tindak Pidana Korupsi

Pengertian Korupsi  adalah tindakan yang dilakukan oleh setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri ...