Selasa, 12 November 2013

Pengertian Ambulasi Dini

r
Ambulasi dini adalah suatu pergerakan dan posisi untuk melakukan suatu aktivitas atau kegiatan ketahap mobilisasi sebelumnya untuk mencegah komplikasi pasca bedah. Ambulasi dini yang merupakan pengembalian secara berangsur – angsur ke tahap mobilisasi sebelumnya untuk mencegah komplikasi. 
Ambulasi juga di artikan sebagai Peningkatan dari pemberian bantuan dengan cara berjalan untuk mempertahankan fungsi tubuh selama pasien dirawat dan selama fase penyembuhan. Mobilisasi dini adalah kebijaksanaan untuk selekas mungkin membimbing penderita keluar dari tempat tidurnya dan membimbingnya selekas mungkin berjalan. Mobilisasi dini merupakan suatu aspek yang terpenting pada fungsi fisiologis karena hal itu esensial untuk mempertahankan kemandirian. Dengan berbagai pengertian disimpulkan bahwa mobilisasi dini adalah suatu upaya mempertahankan kemandirian sedini mungkin dengan cara membimbing penderita untuk mempertahankan fungsi fisiologis (Indonesia nursing, 2008).
Smeltzer (2002 ) menjelaskan, ambulasi yang dilakukan ditentukam oleh kestabilan sistem kardiovaskuler dan neuromuskuler pasien, tingkat aktivitas fisik dan sifat pembedahan yang dilakukan. Keuntunhan ambulansi dini adalah menurumkam insiden komplikasi pasca operasi seperti atelaktasis, pneumpnia, masalah sirkulasi serta gangguan gastrointestinal seerta distensi abdomen.
Dengan ambulasi dini yang dilalukukan pada pasien akan mengurangi kemungkinan distensi abdomen pasca operasi, karena hal ini akan membantu meningkatkan tonus saluran gastrointestinal dan dinding abdomen serta menstimulasi peristaltik usus dengan cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Tindak Pidana Korupsi

Pengertian Korupsi  adalah tindakan yang dilakukan oleh setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri ...